Attitude Dalam Dunia Kerja

Tris Susanti Dewi 18 October 2018

Untuk menghadapi persaingan dalam dunia kerja yang semakin ketat dan kompetitif, setiap orang harus mempersiapkan diri dengan sebaik dan semaksimal mungkin.

Hal penting yang harus dimiliki bukan hanya kemampuan dan keahlian, namun harus juga memiliki attitude. Sikap sangat  mencerminkan kepribadian. Menjaga sikap sangatlah penting dimana pun berada. Bahkan dalam dunia kerja, sikap sangat menentukan bagaimana sikap orang lain dan atasan terhadap kita. Hal ini, tentu sangat lah besar pengaruhnya.

Attitude/sikap ini sangat penting, karena dapat menentukan tingkat keberhasilan seseorang. Dari sebuah penelitian di Amerika, 90% kasus pemecatan disebabkan oleh perilaku yang buruk yang dilakukan oleh seorang pekerja seperti tindakan tidak bertanggung jawab, tidak jujur, serta hubungan interpersonal yang buruk. Robert Hall International, sebuah perusahaan konsultan di San Fransisco, meminta para vice president dan direktur dari 100 perusahaan terbesar di Amerika untuk menyebutkan alasan mereka memecat seorang pekerja. Dari pernyataan tersebut disimpulkan alasan utama mereka memecat seorang pekerja adalah sebagai berikut

Attitude bukan saja penting untuk kemajuan suatu perusahaan, tapi juga penting untuk kemajuan karyawan.. Karena attitude seorang karyawan dapat mencerminkan produk maupun brand image perusahaan tersebut. Apabila attitude karyawan tersebut buruk, maka akan mempengaruhi buruknya pandangan masyarakat terhadap perusahaan tersebut. Dan apabila attitude yang ditunjukan karyawan tersebut baik, maka akan meningkatkan citra baik perusahaan tersebut.

Attitude yang dibutuhkan dalam dunia kerja

Berikut ini attitude atau sikap yang harus dimiliki setiap pekerja diantaranya ;

  • Profesionalisme ; Profesional disini maksudnya adalah mempunyai sikap untuk dapat bekerja keras, fokus dan memiliki tanggung jawab.
  • Open Minded; Memiliki pemikiran yang terbuka, dimana setiap pekerja mampu menerima setiap perbedaan pandangan, budaya maupun lingkungan baru.
  • Jujur ; Jujur dalam setiap kegiatan yang dilakukan didalam dunia kerja. Karena dengan jujur akan menjauhkan kita dari tindakan negatif salah satunya seperti korupsi.
  • Team Work ; Dapat bekerjasama dalam sebuah tim, karena dalam dunia kerja kita tidak dapat bekerja sendiri. Maka dari itu dibutuhkan kemampuan untuk dapat bekerjasama dengan baik sehingga peluang untuk suskes jauh lebih besar.
  • Rendah Hati ; Rendah hati disini artinya tidak bersikap sombong dan membanggakan diri sendiri.
  • Kritis dan selalu ingin tahu ; Rasa kritis diperlukan agar kita tidak cepat puas, dan selalu ingin mencari jawaban yang lebih baik. Dan selalu ingin tahu disini adalah sikap dimana seorang pekerja selalu mengembangkan kemampuannya dengan belajar hal-hal baru.

Jadi, perbaikilah Attitude diri, jika ingin mendapatkan kemajuan dalam karier. 

The More You Share, The More You Earn

Share Artikelmu Tentang HR
Dapatkan Reward Ekslusif

Gratis sampai kapanpun

Rekomendasi Untuk Anda