Motives dan Traits

SUGENG RIANTO 04 February 2010

Motives adalah sesuatu yang secara konsisten dipikirkan atau diinginkan oleh seseorang dalam melakukan suatu tindakan. Motives mengendalikan, mengarahkan, dan menseleksi perilaku untuk melakukan tindakan-tindakan, atau mencapai tujuan-tujuan. Motives masing-masing orang berbeda-beda.

Motives dapat dibagi menjadi 3 kategori :
1. N. Ach. (Need of Achievemnt) yaitu suatu kebutuhan manusia untuk berhasil. Mereka secara konsisten akan menetapkan target-target yg menantang untuk diri mereka sendiri, bertanggung jawab secara pribadi dalam mencapai target-target tesebut, dan menggunakan masukan yang diterima untuk menjadi lebih baik.
2. N. Aff (Need of Affiliation) yaitu kebutuhan manusia untuk berafiliasi dan berupaya agar menyenangkan orang lain, senang bersosialisasi, menghindari penyampaian pendapat atau argumentasi yang benar namun akan berakibat tidak menyenangkan.
3. N. Pow (Need of Power) yaitu kebutuhan manusia untuk memiliki kekuasaan agar dapat memerintah orang lain untuk mencapai suatu tujuan.

Trait :
Trait adalah karakteristik fisik dan respons yang konsisten terhadap situasi atau informasi. Trait datang secara alamiah.

Moives dan Trait adalah pemeran utama atau “pemicu diri “ untuk memperkirakan apa yang akan dilakukan orang dalam pekerjaan mereka untuk jangka panjang tanpa pengawasan orang lain.

The More You Share, The More You Earn

Share Artikelmu Tentang HR
Dapatkan Reward Ekslusif

Gratis sampai kapanpun

Rekomendasi Untuk Anda