Resensi Buku_How To Implement GCG Effectively_Wilson Arafat

Mohamad Fajri Mekka Putra 12 January 2009

Judul : How To Implement GCG (Good Corporate
Governance) Effectively
Penulis : Wilson Arafat
Penerbit : Skyrocketing Publisher
Tahun : I, 2008
Tebal : 237 halaman
Harga : Rp. 75.000

Good Corporate Governance is a Must: Investasi Menuju Tangga Kesuksesan. Itulah ungkapan yang dikedepankan Wilson Arafat dalam bukunya. Suatu ungkapan yang bernada optimis di tengah badai krisis ekonomi global. Good Corporate Governance (GCG) menjadi kata kunci dan menjadi rahasia sukses yang paling mendasar dalam menjamin ketangguhan perusahaan dalam menghadapi kompetisi global antar korporasi.

Namun demikian, di Indonesia praktik implementasi GCG masih berkutat pada aspek pemenuhan kewajiban korporasi semata, belum dijadikan suatu dasar untuk mencapai tujuan dan memaksimalkan nilai perusahaan. Berbagai award yang dilakukan di bidang GCG pun lebih banyak semata-mata pada pengisian checklist bukan meliha pada tataran implementasi.

Di tengah keprihatinan itu merebak pula kekhawatiran terkait masalah integritas yang dimiliki oleh Perusahaan yang kurang mendapat perhatian serius. Masalah lain terjadi adalah adanya moral hazard dan fraud yang menjadi musuh bagi implementasi GCG. Selain itu, stereotipe yang ada dalam benak seseorang ketika mendengar GCG adalah bahwa GCG akan menambah pekerjaan, menambah birokrasi dan memangkas penghasilan tambahan. Oleh karena itulah di beberapa perusahaan, kehadiran GCG ditolak dan dijadikan musuh bersama. Jikapun dijalankan, maka dijalankan hanya untuk sekedar menggugurkan kewajiban semata.

Buku ini ditulis oleh Wilson Arafat, salah satu praktisi GCG yang telah banyak menulis artikel dan memenangkan award di bidang karya tulis ilmiah antara lain dari Center for Good Corporate Governance FE UGM, BPKP, BNI dan Bank Indonesia. Rekomendasi Wilson Arafat telah diadopsi Bank Indonesia dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 8/4/PBI/2006 yang dirubah dengan PBI Nomor 8/14/2006 tentang Kewajiban Pelaksanaan GCG bagi Bank Umum.

Buku ini menggambarkan secara tepat bagaimana pelaksanaan implementasi GCG secara tepat sasaran dan mudah dimengerti oleh pembaca. Dengan kerangka 8 Horizon yang ditemukan Wilson Arafat, pembaca diajak berkelana melaksanakan GCG step by step mulai dari membangun sistem kontrol GCG sampai menciptakan Code of Conduct. Berbagai masalah yang menghalangi implementasi GCG pun dipetakan dan dicarikan jalan keluarnya. Buku ini mengupas tuntas GCG dari semua aspek yang disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh siapapun. Buku ini juga memuat artikel-artikel singkat berbagai tulisan Wilson Arafat yang tersebar di berbagai media massa.

Berbeda dari buku GCG lain yang pernah ditulis, maka implementasi GCG dalam tataran operasional menjadi kekuatan yang menambah bobot isi buku ini.
Dalam salah satu bagiannya, buku ini juga menerangkan tentang hakikat pentingnya pembangunan corporate culture. Corporate Culture yang dimiliki perusahaan akan sejalan dengan implementasi GCG yang sedang dilakukan. Tanpa Corporate Culture yang seiring dengan pendayagunaan spiritual akan menjadikan GCG kehilangan rohnya. Bagi anda praktisi GCG, atau pembaca umum yang ingin mempelajari GCG secara mudah, buku ini jawaban yang paling tepat untuk anda. Selamat membaca dan bergabung dengan GCG Ways!


Peresensi adalah Mohamad Fajri M.P, GCG Implementation Expert.

The More You Share, The More You Earn

Share Artikelmu Tentang HR
Dapatkan Reward Ekslusif

Gratis sampai kapanpun

Rekomendasi Untuk Anda