Resensi Buku_Mengenali dan Memberantas Korupsi_Arya Maheka_KPK

Mohamad Fajri Mekka Putra 12 January 2009

Judul : Mengenali & Memberantas Korupsi
Penulis : Arya Maheka
Penerbit : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)
Tahun : tidak disebutkan
Tebal : 80 halaman
Harga : gratis (permohonan diajukan ke KPK)

Wacana pemberantasan korupsi di Indonesia banyak dikupas. Gejala dan pengenalan akan hakikat korupsi menjadikan korupsi sebagai topik yang banyak diulas dalam berbagai media, seminar maupun buku-buku. Kewspadaan akan bahaya korupsi yang akan menyengsarakan rakyat telah disebarluaskan. Bahkan untuk itu genderang perang terhadap korupsi telah ditabuh, berbagai perangkat hukum telah disiapkan dan dukungan dari masyarakat telah diberikan. Namun demikian, gejala korupsi dalam beberapa tahun terakhir ini bukannya menurun, namun justru menunjukkan tren meningkat dan terungkap. Berbagai kasus korupsi justru menimpa orang-orang yang selama ini tidak tersentuh akibat kekuasaan yang dimilikinya. Anggota DPR, Duta Besar, Direktur Jenderal, mantan Menteri sampai kepada anggota KPPU yang dulu tidak tersentuh pada saat ini mulai “tiarap” dan mulai was-was menunggu giliran selanjutnya. Hal ini tidak terlepas dari pembentukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sedikit banyak telah berhasil memberikan pelajaran berharga bagi para koruptor untuk lebih berhati-hati.

Terbentuknya jajaran pimpinan baru di bawah pimpinan Antasari Azhar yang sempat diragukan kredibilitasnya, justru dalam perjalanan menjadi senjata yang cukup efektif dalam memberantas korupsi. Antasari dan tim berhasil menepis kekhawatiran dan seolah ingin memberikan bukti bahwa KPK sekarang adalah KPK yang memiliki integritas dan bukan KPK yang bisa diperalat oleh kekuasaan,

Buku ini ditulis oleh Arya Maheka dan diterbitkan oleh KPK dengan semangat penyebarluasan publikasi anti korupsi dan diharapkan menjadi change culture dan awareness bangsa Indonesia terhadap bahaya korupsi. Buku ini ditulis secara cerdas dan mampu menggambarkan berbagai aspek tentang korupsi secara lengkap yang dituturkan dengan ringan, mudah dicerna. Definisi tentang korupsi, hal-hal terkait upaya pencegahan maupun penanganan korupsi sampai kepada deskripsi tentang KPK disajikan secara cermat namun tidak menggurui. Bahasa yang digunakan adalah bahasa populer yang menjadikan buku ini sangat bermanfaat bagi masyarakat umum yang ingin mengetahui mengenai korupsi.

Buku ini harus dijadikan pegangan bagi setiap masyarakat Indonesia agar dapat turut serta dalam perang melawan korupsi yang sangat menggurita. Untuk memudahkan pembaca, buku ini dilengkapi dengan tips-tips dan ilustrasi yang akan memudahkan pembaca mengingat dan memahami isi buku ini. Jangan bayangkan buku teks korupsi yang tebal dengan bahasa rumit, namun bayangkan mempelajari korupsi dan cara melawannya dengan ringan, cerdas dan mengena. Buku ini harus anda miliki dan bergabunglah dengan KPK melawan Korupsi.


Peresensi adalah Mohamad Fajri M.P, GCG Implementation Expert

The More You Share, The More You Earn

Share Artikelmu Tentang HR
Dapatkan Reward Ekslusif

Gratis sampai kapanpun

Rekomendasi Untuk Anda