Penelitian Pendidikan

zuferol 13 November 2009

SILABUS

Nomor :06
Mata Kuliah :Penelitian Pendidikan
Kode Mata Kuliah:PPB 588
Bobot :3 SKS
Dosen :1.Drs.H.Furqon,M.Pd.,M.A.,Ph.D.(0899)
2. Dr.H.Ahman,M.Pd.(0813)
3. Ilfiandra, M.Pd.(2017)
Program Studi :S-1 Bimbingan dan Konseling
Prasyarat :Lulus Statistika Pendidikan
Waktu Perkuliahan:Semester Genap (6)

A. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami konsep penelitian pendidikan secara komprehensif. Materi perkuliahan berkenaan dengan konsep dasar penelitian pendidikan, pendekatan dan metode penelitian, identifikasi, rumusan dan pemilihan masalah penelitian, anggapan dasar, penyusunan hipotesis penelitian, pertanyaan penelitian, definisi operasional variabel penelitian, populasi dan sampel penelitian, proses pengumpulan data, analisis data, dan penyusunan laporan penelitian.

B. Pengalaman Belajar
Proses perkuliahan tidak semata-mata diarahkan agar mahasiswa memahami konsep penelitian secara teoretis, tetapi diharapkan mampu melaksanakan penelitian sederhana. Oleh karena itu, proses perkuliahan merupakan kombinasi kegiatan ceramah, tanya jawab, latihan, dan pengumpulan data lapangan, mengumpulkan informasi baru tentang penelitian pendidikan dari jurnal dan internet.

C. Evaluasi Hasil Belajar
Komponen penilaian hasil belajar meliputi; Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), tugas individual, tugas kelompok, partisipasi kegiatan kelas dan presensi.

D. Uraian Pokok Bahasan Setiap Pertemuan

1. Orientasi perkuliahan, kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa memahami arah perkuliahan dengan tepat. Kegiatan orientasi berisi pembahasan tentang tujuan, ruang lingkup materi, prosedur, sistem penugasan, dan komponen evaluasi perkuliahan. Dalam batas-batas tertentu, masukan dan harapan mahasiswa diakomodasi guna perbaikan rencana perkuliahan.
2. Pengertian, teori dan cara memperoleh kebenaran. Pertemuan ini membahas tentang pengertian kebenaran, teori kebenaran (korespondensi, koherensi, dan pragmatisme, cara memperoleh kebenaran (ilmiah dan non ilmiah). Cara memperoleh kebenaran yang non ilmiah di antaranya adalah (1) common sense, (2) prasangka, (3) intuisi, (4) penemuan kebetulan dan coba-coba, dan (5) pendapat otoritas ilmiah dan pikiran kritis, sedangkan cara memperoleh kebenaran melalui pendekatan yang meliputi 5 langkah-langkah pokok yaitu identifikasi masalah, definisi masalah, perumusan hipotesis, memperkirakan kemungkinan dan pengujian hipotesis.

3. Pengertian dan tipe penelitian. Penelitian memiliki definisi yang beragam, menurut Fraenkel & Wallen “the term research can mean any sort of careful, systematic, patient study and investigation in some field of knowledge, undertake to discover or establish facts and principles”. Jenis atau tipe penelitian di antaranya adalah descriptive, associational, dan intervention.

4. Berbagai metode dan pendekatan penelitian. Berdasarkan sifat-sifat masalah, rancangan penelitian dapat digolongkan menjadi beberapa kategori yaitu penelitian historis, deskriptif, perkembangan, kasus dan penelitian lapangan, korelasional, kausal komparatif, eksperimental sungguhan, eksperimental semu, dan penelitian tindakan. Pendekatan penelitian dapat digolongkan menjadi 3 kategori yaitu pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan gabungan pendekatan kuantitatif-kualitatif (mixed model).

5. Tujuan dan langkah-langkah penelitian. Berdasarkan fungsinya, penelitian dapat dikategorikan menjadi 4 macam yaitu penelitian (1) deskriptif, (2) verifikatif, (3) perkembangan, dan (4) kebijakan. Topik tentang langkah-langkah penelitian membahas tentang tujuan, contoh, ciri-ciri dan langkah-langkah dari setiap metode penelitian. Pembahasan topik ini juga dilanjutkan dengan diskusi tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing metode penelitian.

6. Identifikasi, pemilihan dan perumusan masalah. Pertemuan ini membahasa tentang hal-hal yang dapat menjadi sumber masalah penelitian, pemilihan masalah penelitian (dari sudut masalah atau peneliti) dan perumusan masalah (kalau berbentuk pertanyaan penelitian memenuhi kriteria feasible, clear, significant, ethical).

7. Latihan identifikasi, pemilihan dan perumusan masalah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam melakukan identifikasi, pemilihan, dan perumusan masalah penelitian. Diskusi dilanjutkan dengan mengambil beberapa karya mahasiswa untuk dianalisis secara bersama-sama guna melihat kelebihan dan kekuranganya.

8. Ujian Tengah Semester (UTS)

9. Perumusan hipotesis penelitian. Topik pembahasan pada pertemuan ini berkenaan dengan pengertian hipotesis, jenis dan dasar penyusunan hipotesis, keuntungan dan kerugian penggunaan hipotesis, perbedaan hipotesis dengan pertanyaan penelitian, dan pengujian hipotesis.

10. Variabel dan Definisi operasional variabel penelitian. Pembahasan topik ini mencakup pengertian variabel, jenis varibel (diantara variabel kuantitatif-kategoris, manipulated-outcome, independent-dependent, extraneous). Secara sederhana, pola definisi operasional variabel dapat dikategorikan menjadi 3 macam yaitu (1) yang menekankan kegiatan, (2) menekankan pada bagaimana kegiatan itu dilakukan, dan (3) menekankan pada sifat-sifat statis hal yang didefinisikan.

11. Pengembangan instrumen pengumpulan data. Topik yang dibahas meliputi jenis-jenis instrumen pengumpulan data, kerangka umum pengembangan instrumen pengumpulan data, pengujian kelayakan instrumen pengumpulan data (validity, reliability, objectivity, usability).

12. Latihan pengembangan instrumen pengumpulan data. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari latihan pada pertemuan ke-7. Fokus kegiatan adalah pengembangan instrumen penelitian sampai dengan butir-butir pernyataan, dan cara pengolahannya.

13. Populasi dan sampel penelitian. Pembahasan topik ini meliputi pengertian populasi dan sampel, jenis-jenis populasi, dan teknik sampling (random dan non random). Teknik pengambilan random ( simple random, stratified, cluster, two stage random sampling) dan non random (systematic, convenience, purposive).

14. Penelitian kualitatif. Topik pembahasan ini meliputi pengertian penelitian kualitatif, perbedaan penelitian kualitatif-kuantitatif, karakteristik umum penelitian kualitatif, langkah-langkah penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data penelitian kualitatif, serta validitas dan realibilitas penelitian kualitatif.

15. Kerangka umum proposal dan laporan hasil penelitian. Kerangka umum proposal penelitian yang didiskusikan mencakup; tujuan penyusunan proposal penelitian, bagian pokok proposal (masalah, latar belakang dan tinjauan pustaka, prosedur penelitian). Kerangka umum laporan penelitian meliputi paparan tentang masalah penelitian(tujuan, pertanyaan, definisi), tinjauan pustaka, prosedur penelitian (desain, instrumen, langkah-langkah, analisis data), temuan, pembahasan, kesimpulan, rekomendasi/saran.

16. Ujian Akhir Semester (UAS)




E. Daftar Literatur

Fraenkel, Wallen. 1993. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill Inc.

Kerlinger, F.N. 1976. Foundation of Behaviour Research. New York: Holt, Rinehart and Winston

Sumadi Suryabrata. 1983. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Suharsimi Arikunto. 1990. Prosedur Penelitian. Yogyakarta : Rineka Cipta.


Sumber dan Dokumen

Jurnal (mahasiswa ditugaskan untuk membuat satu laporan jurnal penelitian pendidikan, baik jurnal nasional maupun internasional)

Internet (untuk menambah wawasan mahasiswa tentang penelitian, maka dosen dan mahasiswa men-download artikel yang terkait dengan materi perkuliahan)

Dosen dapat dihubungan melalui: telepon, email, dan SMS.


The More You Share, The More You Earn

Share Artikelmu Tentang HR
Dapatkan Reward Ekslusif

Gratis sampai kapanpun

Rekomendasi Untuk Anda

Harga Bahan Presentasi

10 Poin Reward

DOWNLOAD BAHAN

Tidak memiliki Poin? dapatkan dengan menulis artikel atau Beli disini!