Alasan Sempurna Mempekerjakan Calon Karyawan

Tris Susanti Dewi 11 May 2012

Alasan Sempurna Mempekerjakan Calon Karyawan

Gugup dan tegang saat wawancara merupakan hal wajar yang umumnya dialami calon karyawan. Padahal keberhasilan menjawab wawancara kerja selalu menjadi kunci sukses calon karyawan diterima di instansi terkait. Mungkin calon karyawan merasa telah memenuhi kualifikasi untuk lowongan kerja. Tapi saat wawancara kerja, ada beberapa pertanyaan yang kerap menjadi penghambat.
Agar anda bisa mendapatkan alasan sempurna untuk mempertanyakan calon karyawan, maka simaklah hal-hal berikut ini.
• Dia Mendiskusikan Keahlian
Cara paling sederhana untuk menerimanya bekerja adalah dia membicarakan keahliannya. Anda dapat menganalisis bagaimana calon karyawan membuat anda melihat hubungan calon karyawan dengan lowongan yang tersedia diperusahaan anda.


• Dia Mengenal Baik Perusahaan Anda
Pertanyaan yang anda ajukan umumnya karena ingin mengarahkan dan menyesuaikan calon karyawan dengan lowongan kerja yang tersedia. JIka dia mencontohkan apa yang telah dia lakukan untuk perusahaan, misalnya bekerja sesuai deadline, mendekati klien atau bagaimana ia kerap berkontribusi untuk sebuah proyek besar, maka pertimbangan untuk menerimanya bekerja tentu lebih positif.

• Dia Membuktikan Ambisinya
Dia berusaha untuk membicarakan ambisi profesionalnya. Dengan demikian, dia mendiskusikan m otivasi dan dedikasinya terhadap pekerjaan yang dituju dan lowongan kerja lain yang terbuka. Anda dapat melihat bahwa sebenarnya dia berharap sebuah kemajuan karier, bukan sekedar perubahan pekerjaan.

• Dia “Jual diri” pada Perusahaan Anda
Kalau anda melihat bahwa calon karyawan memfokuskan diri terhadap keahliannya maka anda akan tahun bahwa dia seorang motivator ulung, dia adalah karyawan yang andal bekerja dalam tim, dan dia bisa bekerja dengan baik tanpa supervise berlebihan, maka tidak ada salah jika anda mempekerjakannya. Hal kecil tersebut akan membedakan dirinya dari kandidat lainnya.

• Dia Pintar dan Baik
Ketika proses wawancara calon karyawan menggunakan kalimat yang pintar saat menjawab pertanyaan anda. Kalimat-kalimat seperti,”Saya bisa menambah nilai perusahaan anda”, “Saya membawa pengalaman kerja yang hebat dimana saya merasa bisa meningkatkannya disini”, dan “Saya bisa memberikan perusahaan anda keuntungan berlipat ganda” adalah sebuah kepercayaan diri yang patut anda pertimbangkan secara positif. Kalimat-kalimat tersebut pada dasarnya akan dapat membuat anda sadar bahwa dia begitu peduli terhadap posisi dia akan bekerja.

• Dia Menghubungkan Pengalaman dengan Lowongan Kerja di Perusahaan Anda
Dalam hal ini calon karyawan akan menunjukkan poin spesifik yang akan diidentifikasi pengalaman kerja calon karyawan dengan lowongan kerja yang tersedia di perusahaan anda. Misalnya, dia akan menguraikan beberapa citra sukses dari pengalaman calon karyawan sebelumnya.

• Jawaban Final Yang Memukau
Anda boleh saja terpukau dengan jawaban si calon karyawan. Tetapi perhatikan dengan cermat detail jawabannya sebelum anda mempertanyakannya. Pertanyaan seperti berikut ini mungkin ada indikasi positif yang lebih besar pada diri calon karyawan.
Pekerjaan ini sangat sesuai dengan kemampuan, pengalaman dan pengetahuan dasar saya. Dan saya percaya dapat memaksimalkan keahlian dengan menguntungkan perusahaan begitu juga meningkatkan diri saya sebagai seorang professional.

The More You Share, The More You Earn

Share Artikelmu Tentang HR
Dapatkan Reward Ekslusif

Gratis sampai kapanpun

Rekomendasi Untuk Anda