Pentingnya Keakuratan Uraian Jabatan

Ade Susilo 14 March 2018

Dalam buku How to Write Job Description – The Easy Way (1982) oleh Bureau of Law and Business Inc menjelaskan bahwa uraian jabatan adalah catatan tertulis tentang tugas-tugas, tanggung jawab serta kualifikasi yang disyaratkan untuk suatu jabatan atas dasar informasi yang diperoleh dari proses analisis jabatan. Uraian jabatan dapat pula mencakup informasi mencakup informasi tentang kondisi kerja, perkakas dan peralatan yang digunakan serta hubunga kerja dengan jabatan lain. Uraian jabatan harus akurat, singkat, jelas dan lengkap.

Hal ini menjadi fundamental bagi perusahaan karena uraian jabatan bersinggunggan dengan hal penting lain seperti perencanaan tenaga kerja, orientasi dan pengembangan, perencanaan karier, evaluasi jabatan, klasifikasi jabatan, survey penggajian, penyusunan struktur penggajian serta penilaian kinerja. Uraian jabatan juga akan memberikan efek positif pada kinerja dan kemajuan perusahaan jika disusun dengan baik dan direalisasikan sesuai dengan aturan.

Uraian jabatan akan memperjelas siapa yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas-tugas dalam perusahaan. Hubungan antar individu, hubungan antar bagian atau unit dan sebagainya juga akan lebih jelas. Jika diimplementasikan sesuai dengan aturan, uraian jabatan dapat membantu menyelesaikan masalah dan keluhan baik antar individu maupun antar bidang.

Bagi karyawan sendiri, uraian jabatan akan membantu mereka memahami tugas dan tanggung jawabnya. Dengan demikian, seorang karyawan dapat menilai sendiri kontribusi pekerjaannya terhadap perusahaan secara keseluruhan.

Informasi tentang pengetahuan, pelatihan, pendidikan dan kompetensi yang dibebankan pada suatu pekerjaan yang tertulis dalam uraian jabatan akan bermanfaat bagi banyak pihak. Setiap orang mendapatkan gambaran yang jelas pada tiap tahap karir yang dijalaninya, mulai dari pelamar menjadi karyawan hingga pensiun.

Bagi pihak manajemen, informasi dan data yang ada pada uraian jabatan dapat dianalisa guna kesempurnaan struktur organisasi sebuah perusahaan. Uraian jabatan akan menunjukkan apakah seluruh tugas dan tanggung jawab organisasi sudah berimbang dan tersebar sesuai harapan. Atau perlu diadakan perombakan untuk menjaga harmonisasi dalam pembagian kerja. Uraian jabatan yang akurat juga dapat menjadi acuan dalam evaluasi jabatan dan penyusunan struktur gaji bagi manajemen.

The More You Share, The More You Earn

Share Artikelmu Tentang HR
Dapatkan Reward Ekslusif

Gratis sampai kapanpun