PMSM Indonesia

Chusen Aun 05 August 2008
Nama Mitra SDM
PMSM Indonesia
Contact Person
Dahlan Hasim
Nomor Telepon
021-32501966, 081510051941
Alamat Instansi
Perkantoran Kebayoran Center Blok B-7, Jl. Kebayoran Baru, Velbak, Jakarta 12240, Indonesia
Telepon Instansi
(62-21 ) 7200977
Fax Instansi
(62-21) 7200977
Email Instansi
pmsmdpp@cbn.net.id

PERHIMPUNAN MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA INDONESIA
The lndonesian Society of Human Resource Management

V I S I
Diakui sebagai organisasi Manajemen Sumberdaya Manusia kelas dunia.

M I S I Mendorong peningkatan kompetensi profesional praktisi Manajemen Sumberdaya Manusia agar dapat diakui ditingkat International

TUJUAN STRATEGIS
1. Menghimpun kalangan praktisi dan profesional yang secara langsung atau tidak langsung bertugas dan/atau menaruh minat yang tinggi dalam pengelolaan sumberdaya manusia.

2. Menyediakan forum untuk mempererat hubungan dan membina jaringan pertukaran informasi serta kerjasama antar anggota yang terhimpun dalam PMSM maupun dengan dunia International.

3. Mengembangkan serta meningkatkan pengetahuan tentang kepemimpinan dan manajemen sumberdaya manusia sesuai dengan perkembangan dinamika globalisasi.

4. Meningkatkan profesionalisme para anggota yang bergerak dibidang pengelolaan sumberdaya manusia melalui berbagai program pengembangan, pelatihan dan pengalihan pengetahuan dan kemampuan.

ORGANISASI PROFESI PRAKTISI PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA INDONESIA

MERGER DUA ORGANISASI - MENYAMBUT ERA GLOBALISASI
Pada tanggal 23 November 1999, Asosiasi Pengembangan Sumberdaya Manusia Indonesia - APSDM dan Asosiasi Manajemen Sumberdaya Manusia Indonesia - AMSM, masing-masing telah menyelenggarakan Rapat Umum Anggota, Musyawarah Nasional dan kedua organisasi tersebut mengambil keputusan untuk bergabung menjadi satu perhimpunan. Untuk melaksanakan penggabungan tersebut, APSDM dan AMSM telah membentuk Tim Merger dengan tugas mempersiapkan penggabungan kedua asosiasi dengan memperhatikan aspirasi para anggota dan isu yang berkembang di lingkungan pengelolaan sumberdaya manusia di Indonesia maupun di dunia pada umumnya. Selanjutnya, Tim Merger diminta merumuskan rekomendasi untuk nama organisasi baru berikut Visi, Misi, Tata Nilai, Azas dan Tujuan serta Anggaran Dasar untuk disyahkan dalam suatu Musyawarah Nasional. Nama yang diusulkan untuk mencerminkan penghimpunan potensi kedua organisasi AMSM dan APSDM adalah PERHIMPUANAN MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA INDONESIA disingkat PMSM. Dalam bahasa Inggerisnya, The Indonesian Society of Human Resource Management, disingkat ISHRM. Hal ini seiring dengan padanan organisasi profesi international dibidang pengelolaan sumberdaya manusia. PMSM berazaskan pada peningkatan kualitas manusia Indonesia menuju sumberdaya manusia kelas dunia. PMSM diharapkan menjadi suatu forum yang berdayaguna dan bermanfaat bagi pengelola dan peminat profesi sumberdaya manusia Indonesia, antara lain : mengembangkan profesi serta kepribadian yang tangguh, kompeten dan berintegritas, mengembangkan kepemimpinan serta keahlian manajerial, menyediakan wahana untuk menyampaikan gagasan, hasil penelitian dan konsep baru dibidang sumberdaya manusia, mengasah keahlian dalam pengembangan organisasi, kerjasama tim dan pembuatan keputusan, menyediakan jaringan pertukaran antar pelaku dan profesi bidang sumberdaya manusia, menjadi sarana untuk diskusi dan berbagi pengalaman antara para eksekutif dan pengelola sumberdaya manusia untuk memecahkan masalah SDM.

ORGANISASI SDM YANG EFEKTIF DAN EFISIEN
Penggabungan ini dianggap perlu mengingat visi dan misi dari kedua aosiasi profesi tersebut saling mendukung. Masing-masing asosiasi mempunyai potensi pengelolaan dan pengembangan sumberdaya manusia Indonesia yang dapat dihimpun dalam satu organisasi sehingga tercipta satu organisasi profesi dibidang manajemen sumberdaya manusia yang lebih sinerjik, efektif dan efisien.

SEJARAH SINGKAT APSDM
APSDM didirikan pada tahun 1983 dengan nama sebelumnya adalah Himpunan Pengembangan dan Latihan Indonesia (HPLI) atau The Indonesian Society for Training & Development yang berafiliasi dengan International Association of Training and Development (ARTDO). Sejak terbentuknya, APSDM HPLI) telah menyelenggarakan tiga konperensi International ARTDO di Jakarta dan Bali, pada tahun 1986, 1993 dan 2000.
KERJASAMA LUAR NEGERI APSDM :
1. Asian Regional Training and Development Organization - ARTDO,
2. Asian Development Bank (Philipines),
3. Association of Business Executives (England),
4. Australian Human Resources Institute - AHRI (Australia),
5. Center for Modern Management (Kuching-Sarawak) Sdn, Bhd,
6. Chinese Society for Training and Development (Taiwan),
7. Macau Productivity & Technology Transfer Center (Macau),
8. Malaysian Institute of Training and Development (Penang - Malaysia),
9. International Federation of Training and Development Organization ( IFTDO ),
10. Singapore Training & Development Organization (STADA),
11. American Society for Training & Development (ASTD), dan organisasi international lainnya.

SEJARAH SINGKAT AMSM
AMSM adalah sebuah organisasi profesi dalam bidang manajemen sumberdaya manusia yang didirikan di Jakarta pada tahun 1978 yang pada awalnya diberi nama Perhimpunan Manajemen Personalia Indonesia - PMPI oleh sejumlah direktur dan manager personalia dari beberapa perusahaan multi nasional dan nasional besar di Jakarta. Pada tanggal 28 November 1992 diputuskan untuk mengganti istilah personalia pada nama organisasi menjadi sumberdaya manusia dan perhimpunan menjadi asosiasi sehingga namanya berubah menjadi Asosiasi Manajemen Sumberdaya Manusia Indonesia - AMSM.
HUBUNGAN AMSM ANTAR NEGARA. AMSM tidak hanya aktif didalam negeri dengan 14 cabang diseluruh Indonesia, namun menjalin pula hubungan aktif dengan organisasi di negara-negara ASEAN dan ASIA PASIFIK pada khususnya, antara lain dengan :
1. Singapore Institute of Personel Management (SIPM),
2. Malaysia Institute of Personnel Management (MIPM),
3. Personnel Management Association of The Philipines (PMAP),
4. Hongkong Institute of Personnel Management (HKIP ),
5. Personnel Management Association of Thailand (PMAT),
6. PNG Institute of Personnel management.
Disamping itu bersama-sama dengan SIPM, PMAP dan PMAT, AMSM mendirikan ASEAN Human Resource Management Federation (AHRM) dan pada bulan Mei 1990 AMSM menjalin kerjasama dengan : Asia Pacific Federation of Personnel Management Association (APFPMA/APFHRM) dan World Federation of Personnel Management Association (WFPMA/WFHRM).

KEANGGOTAAN PMSM
Keanggotaan PMSM terdiri atas :
1. Anggota Perorangan : Warga Negara Indonesia yang secara pribadi bergerak atau menaruh minat dibidang pengelolaan sumberdaya manusia baik langsung maupun tidak langsung. Setiap anggota perorangan / anggota biasa mempunyai hak suara, hak memilih dan dipilih dan hak untuk turut serta dalam segala kegiatan PMSM Indonesia.
2. Anggota Lembaga : Lembaga atau perusahaan yang bersedia menjadi pendukung aktif kegiatan organisasi PMSM Indonesia. Setiap anggota yang ditunjuk untuk mewakili Lembaga / Perusahaan mempunyai hak suara, hak memilih namun bukan untuk dipilih DPP / DPC, dan hak untuk turut serta dalam kegiatan PMSM Indonesia.
3. Anggota Peserta : 1). Warga Negara Asing yang bergerak atau menaruh minat Profesi dibidang pengelolaan sumberdaya manusia di Indonesia, baik langsung maupun tidak langsung. 2). Calon anggota biasa, yaitu mereka atau para mahasiswa yang sedang belajar dan menaruh minat dalam bidang sumberdaya manusia.
4. Anggota Kehormatan : Warga Negara Indonesia maupun Asing, yang diangkat oleh MUNAS atas usul DPP karena dianggap berjasa terhadap organisasi dan perkembangan manajemen sumberdaya manusia di Indonesia. Anggota Peserta dan Kehormatan mempunyai hak untuk turut serta dalam setiap kegiatan PMSM Indonesia dan berhak mengajukan pendapat / usul untuk kegiatan dan perbaikan organisasi, baik diminta maupun tidak. Setiap anggota PMSM Indonesia mempunyai kewajiban untuk mentaati dan melaksanakan Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga, peraturan-peraturan dan keputusan-keputusan yang syah dari PMSM serta mentaati dan menjunjung tinggi kode etik profesi organisasi.